MENDIDIK ANAK DENGAN KETELADANAN

Tempo hari saya coba menulis status di akun Facebook yang bunyinya "Sesungguhnya bukan matematika, IPA, IPS aplg B.Indonesia yg susah di ajarkan kpd anak2..
yg paling susah adl mendidik mereka agar berperilaku baik, sopan dan santun, hormat kpd orang tua dan guru, disiplin dan bertutur kata yg sopan..."

Sebagai seorang guru, saya akan menguraikan alasan saya menulis status seperti itu. Mempelajari mata pelajaran seperti IPA, IPS, B.Indonesia, MTK dan pelajaran yang lainnya memang banyak hambatan. terutama jika kemampuan kognitif siswa terbatas. tetapi semuanya itu bisa di atasi, jika siswa rajin belajar dan tentunya rajin mengerjakan PR atau Tugas yang diberikan guru. kalau siswa rajin mengerjakan tugas dan PR tersebut tentunya akan membantu nilai raport siswa. apalagi kalo siswa tersebut memiliki kemampuan akademis yang bagus.

lalu kenapa mendidik SIKAP siswa jauh lebih susah?
mendidik siswa agar berperilaku positif lebih susah dibandingkan dengan meniru perbuatan negatif yang dilakukan orang lain. lingkungan menjadi faktor utama yang mempengaruhi siswa. lingkungan itu bisa berupa lingkungan rumah/keluarga seperti orang tua, sodara, dll. Kemudian lingkungan sekitar seperti tetangga, teman bermain, orang dewasa di sekitar, dlsb. Lingkungan sekolah seperti teman sekolah, pedagang, dll. kemudian ada juga media baik berupa media sosial ataupun media televisi....

sampai sini dulu..
nantikan tulisan berikutnya, oke!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUSUNAN UPACARA PEMBUKAAN PERSAMI

CONTOH LAPORAN KETUA PANITIA O2SN

CONTOH PROPOSAL O2SN