RPP TEMA 6 PEMBELAJARAN 1 KELAS 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  SDN Mekarsari 09
Kelas/Semester            :  IV/2
Tema                           :  6/Cita-Citaku
Sub Tema                    :  1/Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran               :  1
Alokasi Waktu            :  1 hari
Pelaksanaan                 :  16 Januari 2017

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
IPA
3.2   Memahami siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dan upaya pelestariannya
4.2   Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya

Bahasa Indonesia
3.6   Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
4.6  Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
IPA
¡  Menjelaskan siklus hidup beberapa makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
¡  Membuat peta konsep tentang siklus hidup makhluk hidup
¡  Membuat slogan/poster tentang pelestarian makhluk hidup

Bahasa Indonesia
¡  Menyebutkan isi dari teks puisi
¡  Menjelaskan amanat yang terkandung dari sebuah teks puisi
¡  Membuat puisi dengan benar
¡  Mendeklamasikan puisi di depan kelas dengan lafal , intonasi dan ekspresi yang tepat

D.    MATERI PEMBELAJARAN
§  Siklus Hidup Makhluk Hidup
§  Teks puisi

E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
2.      Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
3.      Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4.      Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.


F.     MEDIA/ALAT BANTU DAN SUMBER BELAJAR
Buku Teks, gambar hewan dan tumbuhan, contoh-contoh puisi, lingkungan sekitar.

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan Pembuka
·         Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 tentang seorang anak yang sedang membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan guru siswa membahas tentang berbagai pekerjaan yang menjadi cita-cita antara lain menjadi seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot.
·         Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku
·         Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku.
Pertanyaan:
Apakah yang dimaksud dengan cita-cita?
Apakah kamu memiliki cita-cita?
Apakah cita-citamu?

10 menit
Inti
·         Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang dilakukan oleh berbagai profesi. Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan keahlian-keahlian tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar.
·         Siswa kemudian menuliskan pada kolom yang terdapat pada halaman 3 tentang pekerjaan yang menjadi cita-citanya serta menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi yang dipilihnya tersebut

Ayo Membaca
·         Siswa membaca teks puisi berjudul  Cita-citaku”. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 – 4 siswa.
ü  Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memperhatikan temannya membaca puisi.
ü  Perhatikan bagian-bagian yang teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
a.       Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
b.      Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
c.       Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
d.      Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?

ü  Tunjukkan keteraturan itu!
·         Siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi.
·         Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang ciri-ciri puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)

Ayo Berlatih
·         Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5.
·         Siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannya pada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.
·         Siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi menjadi seorang dokter hewan serta tugas-tugas seorang dokter hewan.
Guru dapat memberikan pertanyaan:
1.        Adakah di antara kalian yang bercita-cita menjadi dokter hewan?
2.        Apakah tugas utama seorang dokter hewan

Ayo Mengamati
·         Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar anak-anak hewan dan hewan yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.
Guru dapat memberikan pertanyaan:
1.       Apakah kalian memiliki hewan peliharaan?
2.        Apakah hewan peliharaanmu mempunyai anak?
3.        Bagaimanakah tahapan-tahapan pertumbuhan hewan yang kamu ketahui?

Ayo Berdiskusi
·         Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara berkelompok siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan hewan yang terdapat pada halaman 8.
·         Siswa lalu menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan hewan tersebut menjadi tahapan pertumbuhan hewan yang benar. Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil diskusinya tentang tahapan pertumbuhan hewan tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas.


150 menit
Kegiatan Penutup
Ayo Renungkan
1.      Sikap apakah yang perlu dibangun untuk menentukan cita-citamu?
2.      Manfaat apakah yang dapat kamu berikan kepada orang lain dengan menggapai cita-citamu?
3.      Sikap apakah yang perlu ditunjukkan untuk memelihara hewan peliharaan?
·         Sebagai kegiatan penutup, guru memimpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam membuat kesimpulan besar tentang kegiatan-kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari tersebut. Siswa diminta untuk merefleksikan:
ü  Sikap apa saja yang perlu mereka bangun dalam menggapai cita-cita.
ü  Manfaat apa yang akan mereka berikan kepada orang lain dengan cita-cita yang mereka miliki tersebut.
ü  Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap makhluk hidup yang ada disekitarnya, sikap apa saja yang perlu ditunjukkan dalam memelihara hewan peliharaan

15 menit

F.      PENILAIAN
         Jenis Penilaian
1.      Membuat Kesimpulan dari pengamatan dan diskusi
Bentuk penilaian                  :  Penugasan
Instrumen Penilaian             :  Rubrik
Tujuan Kegiatan Penilaian   :  Mengukur pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi cirri-ciri
                                                puisi

No
Nama Siswa
Aspek
Jumlah
Pengetahuan tentang Ciri-ciri Puisi
Keterampilan menuliskan hasil kesimpulan pengamatan dan diskusi
1




2




3




2.      Menyusun tahapan perkembangan hewan
Bentuk penilaian                  :  Penugasan
Instrumen Penilaian             :  Rubrik
Tujuan Kegiatan Penilaian   :  a. Mengukur pemahaman siswa tentang tahapan perkembangan
                                                    hewan
                                                b. Mengembangkan keterampilan siswa dalam membuat skema
                                                    siklus makhluk hidup
No
Nama Siswa
Aspek
Jumlah
Pengetahuan tentang tahapan pertumbuhan hewan
Keterampilan menyajikan kesimpulan tentang tahapan pertumbuhan hewan
1




2




3






Mengetahui,
Kepala Sekolah





.....................................


Tambun Selatan, Januari 2017
Guru Kelas






……………………………

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUSUNAN UPACARA PEMBUKAAN PERSAMI

CONTOH LAPORAN KETUA PANITIA O2SN

CONTOH PROPOSAL O2SN