PROGRAM TAHUNAN KELAS V KTSP
PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran :
PKn
Kelas/Semester :
V/2
Tahun Pelajaran : 2014-2015
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
PELAKSANAAN
|
|
BULAN
|
MINGGU KE
|
||||
1
|
3. Memahami kebebasan
berorganisasi
|
3.1 Mendiskripsikan
pengertian organisasi
|
8 JP
|
Januari
Februari
|
IV, V
I, II
|
3.2 Menyebutkan contoh organisasi di
sekolah dan manyarakat
|
8 JP
|
Februari
Maret
|
III, IV
I, II
|
||
3.3 Menampilkan peran serta dalam pemilihan
organisasi di sekolah
|
8 JP
|
Maret
April
|
III, IV,
V
II
|
||
2
|
4. Menghargai keputusan
bersama
|
4.1 Mengenal bentuk
keputusan bersama
|
6 JP
|
April
|
III, IV,
V
|
4.2 Mematuhi keputusan bersama
|
6 JP
|
Mei
|
I, II,
III
|
PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
V/2
Tahun Pelajaran : 2014-2015
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
PELAKSANAAN
|
|
BULAN
|
MINGGU KE
|
||||
1
|
5. Mendengarkan
Memehami cerita tentang suatu peristiwa dan
cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
|
5.1
Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang
disampaikan secara lisan
|
10 JP
|
Januari
|
III, IV
|
5.2 Mengiden-tifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, dan amanat
|
10 JP
|
Januari
Februari
|
V
I
|
||
2
|
6. Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan
persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
|
6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan
memperhatikan pilihan late dan santun berbahasa
|
5 JP
|
Februari
|
II
|
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat
|
10 JP
|
Februari
|
III, IV
|
||
3
|
7. Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas,
membaca memindai, dan membaca cerita anak
|
7.1 Memban-dingkan isi dua teks yang
dibacadengan membaca sekilas
|
5 JP
|
Maret
|
I
|
7.2 Menemukan informasi secara cepat dari berbagai
teks khusus (buku petunjuk
telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll
|
10 JP
|
Maret
|
II, III
|
||
7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
|
10 JP
|
Maret
|
IV, V
|
||
4
|
8.Menulis
Mengungkap-kan pikiran
, perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan,
dan puisi bebas
|
8.1
Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
|
10 JP
|
April
|
II, III
|
8.2 Menulis laporan pengama-tan / kunjungan berdasar tahapan (catatan,
konsep awal, perbaikan, final) dengan
memperhatikan pengguna-an ejaan
|
10 JP
|
April
|
IV, V
|
||
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
|
10 JP
|
Mei
|
I,II
|
PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
V/2
Tahun Pelajaran : 2014-2015
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
PELAKSANAAN
|
|
BULAN
|
MINGGU KE
|
||||
1
|
5. Memahami hubungan
antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
|
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak
dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
|
8 JP
|
Januari
|
III, IV
|
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana
yang dapat membuat
pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
|
8 JP
|
Januari
Februari
|
V
I
|
||
2
|
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan
membuat suatu karya/model
|
6.1
Mendeskripsi-kan
sifat-sifat cahaya
|
8 JP
|
Februari
|
II, III
|
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan
sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.
|
8 JP
|
Februari
Maret
|
IV
I
|
||
3
|
7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan
hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
|
7.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah
karena pelapukan
|
8 JP
|
Maret
|
II, III
|
7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
|
8 JP
|
Maret
|
IV, V
|
||
7.3 Mendeskripsikan struktur bumi
|
8 JP
|
April
|
II, III
|
||
7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan
manusia yang dapat mempengaruhinya
|
4 JP
|
April
|
IV
|
||
7.5
Mendeskripsikan perlunya penghematan air
|
4 JP
|
April
|
V
|
||
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi
di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
|
4 JP
|
Mei
|
I
|
||
7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia
yang dapa mengubah permukaan bumi (pertanian,
perkotaan, dsb)
|
4 JP
|
Mei
|
II
|
PROGRAM
TAHUNAN (PROTA)
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran :
IPS
Kelas/Semester :
V/2
Tahun Pelajaran : 2014-2015
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
PELAKSANAAN
|
|
BULAN
|
MINGGU KE
|
||||
1
|
2. Menghargai peranan tokoh
pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
|
2.1
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang
pada pada penjajah Belanda dan Jepang
|
24 JP
|
Januari
Februari
|
III, IV
I, II
|
2.2 Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan
dalam mem-persiapkan kemerdekaan Indonesia
|
24 JP
|
Februari
Maret
|
III, IV
I, II
|
||
2.3 Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan
dalam mem-proklamasikan kemerdekaan Indonesia
|
24 JP
|
Maret
April
|
III, IV
II, III
|
||
2.4
Menghargai perjuangan para tokoh dalam
mem-pertahankan kemerdeka-an
|
24 JP
|
April
Mei
|
IV, V
I, II
|
PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
V/2
Tahun Pelajaran : 2014-2015
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
PELAKSANAAN
|
|
BULAN
|
MINGGU KE
|
||||
1
|
5. Menggunakan pecahan dalam
pemecahan masalah
|
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta
sebaliknya
|
10 JP
|
Januari
|
IV, V
|
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
|
10 JP
|
Februari
|
I, II
|
||
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
|
10 JP
|
Februari
|
III, IV
|
||
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
|
10 JP
|
Maret
|
I, II
|
||
2
|
6. Memahami
sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
|
6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
|
10 JP
|
Maret
|
III, IV
|
6.2. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
|
10 JP
|
April
|
II, III
|
||
6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
|
10 JP
|
April
|
IV, V
|
||
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
|
10 JP
|
Mei
|
I, II
|
||
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan
bangun ruang sederhana
|
10 JP
|
Mei
|
III, IV
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
Tambun Selatan, Januari 2015
Guru Kelas
|
semoga manfaat
BalasHapus