NGUNJUNGI PENGAJIAN

Malam ini ketika mudik ke kampung halaman, ada tetangga yang hajatan dan mengadakan pengajian dengan mengundang penceramah. Sambil mendengarkan ceramah, saya coba tuliskan tentang tradisi pengajian di kampung halamanku.

Pengajian atau kalau d daerah lain sering d sebut dg taklim merupakan sebuah acara yg berisi ceramah dr para ustad/ustadzah atau kyai/ibu nyai.
Biasanya acara ini di lakukan pd saat peringatan hari besar Islam sperti maulid nabi, isro mi'roj , nuzulul qur'an, dll.

Akan tetapi ternyata dg berkembangnya kesadaran masyarakat, pengajian juga di selenggarakan ketika ada org yg hajatan, seperti nikahan atau sunatan.
Jadi pengajian di desaku skrg tdk hanya pada saat ada perayaan hari besar islam saja, ttapi d moment2 lain juga sering d adakan pengajian.

Lalu apa arti kata "ngunjungi pengajian"?!
Ngunjungi berasal dr kata berkunjung, yg berarti pergi bertamu k rmah orang lain dg maksud2 tertentu.
Jadi, bika kita artikan mnurut bahasa ngunjungi pengajian berarti datang ke tempat di adakannya pengajian dg niat untuk mendengarkan ceramah dg maksud mendapatkan ilmu2 agama islam agar keimanannya bertambah.

Dulu waktu ada pengajian, bnyak sekali org2 yg datang. Bahkan jamaah dari desa2 lain banyak yg dtng dg naik kendaraan umum. Merka dtng dg rombongan. Apalgi Kalo pengajiannya bertepatan dg malam mimggu. Pasti bnyk jamaah yg dtg.

Tetapi ada hal unik yg biasanya menjadi motif para pemuda dlm acra ngunjungi pemgajian tsb. Kadang bagi muda mudi ngunjungi pengajian itu mnjadi tmpat utk mencari jodoh, sehingga bnyak org2 d sini yg mndptkan pasangan hidup melalui proses pengajian ini.

Sebenarnya modus2 sperti ini sah2 saja asalkan tdk mengurangi kekhidmatan para pengunjung dlm mendptkam ilmu d majelis pengajian tsb. Akan tetapi kalo mencari pasangan hidup mnjadi hal yg utama, tentunya ngunjungi pengajiannya tdk akan mendptkan pahala apa2.

Sekian,
Gumelar my village, 11032017
23.18

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUSUNAN UPACARA PEMBUKAAN PERSAMI

CONTOH LAPORAN KETUA PANITIA O2SN

CONTOH PROPOSAL O2SN