PESAWAT SEDERHANA

Pesawat Sederhana adalah alat bantu yang ada disekitar yang bermanfaat membantu pekerjaan manusia. Peralatan tersebut membuat pekerjaan menjadi mudah. Misalnya adalah gunting, sesorang akan mudah memotong kain dengan gunting dibandingkan dengan disobek dengan tangan. Berikut ini adalah jenis-jenis pesawat sederhana.

1.      Tuas (Pengungkit)
Pengungkit biasanya berupa batang yang dipasang pada sebuah penumpu. Ujung-ujung batangnya bebas bergerak. Ketika mendorong atau menarik pengungkit artinya kita memberikan gaya pada pengungkit. Gaya yang diberikan disebut kuasa. Titik tempat kuasa di sebut titik kuasa, titik tempat beban disebut titik beban dan titik untuk menumpu disebut titik tumpu. Jarak antara titik beban dan titik tumpu disebut jarak beban atau lengan beban. Sedangkan jarak antara titik tumpu dengan titik kuasa disebut jarak kuasa atau lengan kuasa. Alat yang termasuk pengungkit antara lain gunting, gerobak dorong beroda satu,  pemecah buah kenari, sekop dan tang. Tuas di bagi menjadi 3, yaitu :
a.       Tuas jenis pertama
Amatilah sebuah gunting. Pegangan gunting merupakan titik kuasa, pisau guntingya merupakan titik beban, sedangkan titik tumpunya terletak di tengah-tengah. Selain gunting, alat yang termasuk tuas jenis pertama adalahgunting kuku dan tang.
b.      Tuas jenis kedua
Tuas jenis kedua adalah tuas dengan titik beban terletak diantara titik tumpu dan titik kuasa. Contohnya adalah pembuka tutup botol, pemecah buah kenari, dam gerobak dorong beroda satu yang biasa digunakan untuk mengangkut pasir.
c.       Tuas jenis ketiga
Tukang bangunan biasanya menggunakan sekop untuk memindahkan tanah, pasir dan semen ke dalam ember atau gerobak dorong. Sekop merupakan tuas  jenis ketiga. Pada tuas jenis ketiga titik kuasa terletak diantara titik beban dengan titik tumpu.
2.      Bidang Miring
Jika kita akan menaikan suatu barang ke atas truk atau mobil, akan lebih mudah menggunakan sebilah papan yang dimiringkan. Demikian juga pada tangga yang digunakan untuk mencapai tempat yang lebih tinggi. Selain tangga dan papan yang dimiringkan, kapak dan jalanan dipegunungan yang dibuat berkelok-kelok juga termasuk bidang miring.
3.      Katrol
Katrol adalah pesawat sederhana yang terbuat dari roda yang tepinya beralur dan dapat berputar pada porosnya. Katrol digunakan untuk memudahkan kita mengangkat benda yang berat. Contoh katrol adalah timbaan air di sumur, kerekan pada tiang bendera dan pengangkut benda yang terdapat di gudang-gudang pabrik. Katrol dibagi menjadi 2 yaitu :
a.       Katrol tetap
Katrol tetap adalah katrol yang tidak berubah-ubah posisinya, biasanya digantungkan pada suatu tempat yang tetap. Contohnya adalah kerekan pada tiang bendera
b.      Katrol Bebas
Katrol bebas adalah katrol yang dapat berubah-ubah posisinya. Gunanya katrol bebas adalah untuk mendapatkan gaya tarik yang lebih ringan daripada menggunakan katrol tetap.
4.      Roda Berporos

Roda merupakan pesawat sederhana yang banyak didapatkan dilingkungan sekitar. Contoh roda berporos adalah ban sepeda, ban motor, ban mobil, dll.

Sumber bacaan : Buku Senang Belajar IPA untuk Kelas V SD/MI, S.Rostiawaty-Aris Muharam, Pusat Perbukuan Depdiknas&Dinas Pendidikan Prov. Jawa Barat, 2009, Hal. 84-92

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUSUNAN UPACARA PEMBUKAAN PERSAMI

CONTOH LAPORAN KETUA PANITIA O2SN

CONTOH PROPOSAL O2SN